Tips Jaga Bearing Kendaraan Tetap Awet

Bearing merupakan komponen yang umumnya hadir pada kendaraan. Biasanya bearing bisa ditemukan di komponen kaki-kaki sampai ke mesin. Layaknya komponen lain, bearing juga punya usia pakai.

Dikutip dari otomotif.kompas.com, Namun ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga keawetan bearing pada kendaraan.

Muhammad Abiyyu Hanif, Application Engineer PT SKF Indonesia mengatakan, bearing bisa diperpanjang usianya. Pertama adalah dengan menjaga kebersihan dan cara pemasangannya.

"Cara pemasangan yang salah bisa buat bearing cepat rusak. Kedua, kalau suka lihat bearing dikasih gemuk, itu sebenarnya tidak boleh sembarangan," ucapnya di Tangerang, Sabtu (20/8/2022). Hanif menjelaskan, di pabrik bearing, sudah ditentukan berapa gram gemuk yang diaplikasikan.

 

Jadi tidak boleh ditambah atau dikurangi sendiri. "Ketiga adalah jalan yang berlubang itu memperpendek umur bearing. Terakhir adalah jangan dipakai bawa beban berlebih," kata dia.

Misalnya untuk motor, didesain hanya untuk mengangkut dua orang. Tapi di jalan raya, sering terlihat motor yang membawa tiga orang atau lebih, ini yang memperpendek usia bearing. "Jadi kalau bisa pakailah sesuai aplikasi dan porsinya," kata Hanif.



Honda Pionika Batam

PT PIONIKA AUTOMOBIL adalah Dealer resmi Mobil Honda sejak tahun 2007. Showroom kami terletak di Pelita (Nagoya) dan Taman Kota dengan fasilitas canggih sehingga menawarkan anda Sales, Service, Spareparts dan Body Repair & Paint

Honda Nagoya

JL. TEUKU UMAR KOMPLEK PIONIKA NO. 1-9, Kel. Kampung Pelita, Kec. Lubuk Baja, Kota Batam, Prop. Kepulauan Riau

Honda Taman Kota

Jl. Taman Kota Mas, Kec. Lubuk Baja | Samping Pombensin