10 Langkah Saat Rem Mobil Blong, Jangan Panik

Rem adalah salah satu komponen penting dalam kendaraan. Dengan rem, kamu bisa mengendalikan laju kendaraan. Kapan harus berhenti atau untuk mengurangi kecepatan kendaraan.

Dikutip dari idntimes.com, Namun, ada saatnya rem tak bisa berfungsi alias tiba-tiba blong saat kamu berkendara. Nah, kalau sudah rem blong pasti kamu semua sebagai pengendara bakal panik dan bingung harus melakukan langkah apa saja.

Ketimbang panik dan gugup, ada baiknya kamu melakukan 10 langkah mengatasi rem blong yang terjadi tiba-tiba saat berkendara berikut ini.

 

1. Turunkan gigi secepat mungkin

Saat rem blong tiba-tiba ketika berkendara, seger turunkan gigi secepat mungkin. Turunkan gigi mobilmu secara bertahap dari 5, 4, 3, 2 sampai 1 sembari kurangi intensitas gas.

 

2. Gunakan rem tangan setelah menurunkan gigi

Ya, rem tangan dapat menghentikan mobilmu sampai benar-benar berhenti saat kecepatan sudah rendah.

 

3. Arahkan mobilmu ke ke jalur lambat

Jadi, jika sudah menurunkan gigi dan menekan rem tangan maka segera arahkan mobilmu ke jalur lambar atau bahu jalan. Hal ini perlu dilakukan agar tak terjadi tabrakan dengan mobil lain yang sedang melaju di sekitarmu dalam kecepatan tinggi.

Gunakan kaca spion dan tentunya nyalakan lampu sein saat mengarahkan mobil ke bahu jalan ya!

 

4. Jauhkan kaki dari pedal gas 

Ya, saat melakukan langkah-langkah di atas maka sebisa mungkin jauhkan kaki dari pedal gas. Nggak benar-benar jauh sih, tapi jangan menekan kaki terlalu lama pada gas ketimbang hal-hal yang tak diinginkan terjadi.

 

5. Cek benda yang menghalangi pedal rem 

Percaya gak, benda-benda yang kamu taruh di bawah kursi dapat maju ke depan akibat gaya inertia pengereman dan memblokir pedal rem dari belakang. 

 

6. Injak dan kocok rem berkala-kali 

Khusus kendaraan tanpa sistem rem ABS, coba injak pedal rem berkali-kali deh. Soalnya, terkadang rem blong juga bersifat sementara. 

Nah, mobil dengan ABS harus menginjak rem dengan perlahan karena ABS juga turut membantu kamu melakukan tindakan pengereman otomatis. 

 

7. Peringatkan pengendara lain 

Kalau rem blong terjadi saat kamu berkendara di jalanan yang cukup ramai, maka usahakan untuk memberi peringatan kepada pengendara lain. Caranya adalah dengan menyalakan lampu sein atau beri tanda dengan mengeluarkan seutas kain dari jendela dan dilambaikan. 

 

8. Jika terpaksa menabrak, tabraklah sesuatu yang 'lunak' dan aman 

Maksudnya, saat keadaan benar-benar genting atau kamu gak ada pilihan lain saat rem blong maka carilah objek yang nampak 'lunak' untuk menghentikan laju mobil. Sesuatu yang 'lunak' itu bisa saja pagar kayu, tanah, pasir dan lain-lain. 

 

9. Tetap tenang 

Kunci dari mengatasi rem blong saat berkendara adalah tetap tenang. Dengan tetap tenang dan percaya diri maka langkah-langkah di atas bisa kamu lakukan dengan baik. Semoga juga dengan tetap tenang, kamu bisa selamat dari marabahaya saat rem blong ketika berkendara. 

 

10. Mintalah pertolongan 

Setelah berhasil berhenti, jangan sekali-kali mencoba untuk mengendarai kendaraanmu lagi. Carilah pertolongan dengan memanggil mekanik untuk memperbaiki atau mobil derek untuk menarik mobilmu ke bengkel terdekat. 



Honda Pionika Batam

PT PIONIKA AUTOMOBIL adalah Dealer resmi Mobil Honda sejak tahun 2007. Showroom kami terletak di Pelita (Nagoya) dan Taman Kota dengan fasilitas canggih sehingga menawarkan anda Sales, Service, Spareparts dan Body Repair & Paint

Honda Nagoya

JL. TEUKU UMAR KOMPLEK PIONIKA NO. 1-9, Kel. Kampung Pelita, Kec. Lubuk Baja, Kota Batam, Prop. Kepulauan Riau

Honda Taman Kota

Jl. Taman Kota Mas, Kec. Lubuk Baja | Samping Pombensin